Selasa, 20 Maret 2012

Jadi Psikolog aja deh...

Perkenalkan..
Saya calon mahasiswa Psikologi (Insyaallah)..
Ichi Ryuu Uchiha a.k.a Suci Husnia Sadri

Lagi ubrak-abrik gugel trus coba nyari mengenai Psikolgi, fakultas psikolgi, prospek kerja, yg dipelajari, de el el. Dan ini beberapa hal-hal yg berhubungan dengan psikolgi. Saya ambil dr berbagai sumber. (susah nyebutin satu2)

-----

"Jurusan psikologi menawarkan berbagai manfaat. Baik itu dalam dunia kerja, kebaikan untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain. Kelebihnya jurusan psikolgi membahas tentang diri manusia, yang itu artinya dimana ada manusia disanalah psikologi dibutuhkan."

-----

"Psikologi, siapa yang tidak pernah mendengar istilah ini. Psikologi merupakan salah satu bidang study yang mempelajari tingkah laku manusia. Psikologi adalah bidang study  atau jurusan sangat menarik karena ilmu yang kita dapatkan tidak hanya berguna untuk orang lain tapi juga dapat kita praktik dan gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ini menjadi sangat menarik mempelajari sesuatu yang sangat dekat dengan kita yaitunya tingkah laku manusia.

Psikologi mempunyai enam peminatan yaitu psikologi sosial, psikologi pendidikan, psikologi industri dan organisasi, psikologi klinis, psikologi perkembangan dan psikologi eksperimen. Psikologi sosial, disini mempelajari individu dalam sebuah masyarakat. Psikologi pendidikan ini berkaitan dengan dunia pendidikan. Psikologi industri dan organisasi berkaitan dengan industri dan perusahaan. Psikologi klinis merupakan psikologi yang berkaitan dengan perilaku individu itu sendiri. Psikologi perkembangan mempelajari tentang perkembangan manusia dari kecil sampai dewasa. Psikologi eksperimen melakukan berbagai eksperimen tentang perilaku manusia.

Bagaimana prospek kerjanya? Prospek kerja Psikologi cukup luas diantaranya bekerja di HRD sebuah perusahaan, guru BK, psikolog, trainer, peneliti dan banyak lapangan kerja lainnya.

-----

Ada beberapa pertanyaan yang sering menghantui para peminat ilmu kejiwaan, antara lain adalah sebagai berikut:
Fak psikologi, bagus gak?
Di fakultas psikologi tuh belajar pa aja?
Trus, psikologi tuh fakultas rendahan yhaaa?
Kok banyakan bilang gak guna masuk psikologi?

Dan berikut ulasan dari jawaban atas pertanyaan di atas:

pendapat ke 1: 
Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
Tidak ada satu fakultas pun yang didirikan tanpa ada kegunaannya Bro. Semua fakultas mempunyai fungsinya masing-masing, demikian juga dengan pengembangan karir setelah selesai mendalaminya.

Yang terpenting adalah apakah kita benar-benar menyukai bidang keilmuan yang terdapat di dalamnya atau tidak. Karena apapun yang kita kerjakan tanpa didasari dengan rasa suka/cinta terhadap hal tersebut maka hanya akan menjadi beban bagi diri kita.

Mengenai komentar orang yang mengatakan bahwa fakultas psikologi termasuk fakultas rendahan, itu adalah tidak benar. Mereka hanya kurang memiliki informasi terhadap bidang keilmuan tersebut.

pendapat ke 2:
Psikologi adl ilmu yg rumit tapi menyenangkan. Karena banyak hal yg bisa kita dpt dari psikologi. Dibilang fakultas rendahan, gak juga. Buktinya sekarang banyak orang yg berminat masuk fakultas psikologi, termasuk para public figure. Di fakultas psikologi kita mempelajari banyak hal yg berkaitan dgn kepribadian manusia, baik kepribadian yg sehat maupun yg sakit. Dlm psikologi kita juga mempelajari berbagai hal tentang tingkah laku manusia beserta apa yg mendorongnya. Tentang kegunaan masuk psikologi, tergantung orangnya. Jika kamu memang senang menganalisis kepribadian orang ato senang menjadi t4 curhat ato senang dengan hal2 yg berbau tingkah laku manusia kamu akan merasakan banyak kegunaan dari psikologi. Disini kamu akan melihat banyak hal dari sisi berbeda dan psikologi mengajarkan kamu untuk bisa lebih terbuka dengan berbagai hal. Tidak sembarangan mengejudge sesuatu. Satu hal yg paling aku suka dari belajar psikologi adl aku menjadi jauh lebih dewasa dalam memandang banyak hal yg terjadi dalam hidupku dan sekitarku. Aku tidak lagi merendahkan orang2 yg mungkin tidak beruntung baik secara materi maupun secara mental. Jd psikologi tidaklah sejelek dan serendah yg dikira orang. Banyak hal yg bisa kamu dapat dari sebuah ilmu yg dinamakan psikologi.

pendapat ke 3:
Fak Psikologi, sangat bagus dan interesting! Go a head! Kamu akan mengerti bagaimana kelakuan, sifat manusia, apa hubungannya dengan kelahirannya. Tujuan dari behavior yg timpang, baik anak-anak atau dewasa, atau sekelompok orang! Dan mempelajari teori-teori psiko yg terkenal...siapa tahu kamu juga bisa menggantikan teori yg lama. Masih banyak sekali, jadi kamu harus benar-benar siap mental, karena akan banyak pertanyaan2 yg melibatkan pikiran, bukan berarti klient-klient tersebut pada miring-miring...bukan! Bisa juga kamu akan belajar mengenai emosi dan cinta.
Menurut pengamatanku di negara aku tinggal: Psikolog adalah org yg dihormati. Banyak sekali yg berprofesi psikolog, dan bayarannya paling mahal (bayar per jam, satu sektion bisa satu juta, itu bagi psikolog yg belum terkenal). Psikolog-psikolog tersebut sangat dibutuhkan, dan mereka tidak pernah kehabisan klient! Setiap tahunnya praktek psikolog bertambah!
Pokoknya interesting!
materi referensi:
Dapet pelajaran psikologi di basic and care health school.

pendapat ke 4:
Gak bisa dibilang rendahan, kayanya. Di bilang gak berguna, mungkin karena orang pikir lapangan kerjanya sempit, tapi gak juga seh. Zaman sekarang, yang penting punya "tiket" S1. Banyak yang pekerjaannya menyimpang dari kuliahnya. Kecuali mungkin untuk bidang pekerjaan yang butuh keahlian atau pengetahuan khusus ya. N jangan salah, di Psikologi, banyak pelajaran biologinya lho. Banyak orang yang gak tahu itu n kaget setelah masuk.
Soal "miring", memang teman2 saya banyak yang bilang, kalau mau tahu tingkat anak psikologi, ukur aja kadar kegilaannya, hehehe... Tapi tergantung orangnya juga seh. Untuk gila mah gak usah masuk psikologi juga bisa ;-)

-----


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...